Cara Remote Android dengan Komputer / Laptop

Diposting oleh Unknown on Rabu, 05 Desember 2012

Cara remote android dengan komputer atau laptop,- Mengendalikan perangkat berbasis komputer dari jarak jauh sudah tidak asing lagi bagi kita, berbagai macam sistem operasi dari mulai UNIX, Macintosh, Linux, Windows dll sudah mendukung pengendalian jarak jauh atau remote. Namun dalam artikel bukan OS tersebut yang akan saya bahas, yang akan saya bahas adalah bagaimana cara remote perangkat android dari komputer yang bersistem operasi windows.

Remote Android

remote android

Software atau aplikasi yang digunakan untuk me-remote perangkat android adalah VNC (Virtual Network Computing). VNC adalah software untuk remote control yang dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux, Macintosh, Solaris, HP-UX. Dalam artikel ini penulis menggunakan komputer ber-sistem operasi windows untuk me-remote perangkat androidnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:
Persiapan di Komputer: Download dan Install VNC Viewer
Download software VNC Viewer di sini. Pilih versi yang sesuai dengan komputer anda, setelah itu pastikan VNC Viewer telah terinstall di komputer anda.

Persiapan di Perangkat Android: Download dan Install Aplikasi Droid VNC Server
Download aplikasinya di sini, dan install seperti biasanya.

Pengoprasian:
Dalam perakteknya saya baru mencoba dengan jaringan Wi Fi atau Hotspot, untuk jaringan lainnya anda bisa mencobanya sendiri.
Buka aplikasi Droid VNC Server di perangkat android anda, lalu klik/sentuh ON. Untuk konfigurasi bisa sesuaikan dengan keinganan anda, di menu > settings. Anda bisa mengeset password, port dan yang lainnya.
Sekarang buka aplikasi VNC Viewer di komputer anda, isikan VNC Server dengan IP Address dan port perangkat android anda, atau sesuai yang tertera di aplikasi Droid VNC Server, Contoh 192.168.14.6:5901. Ketikkan password jika sebelumnya anda setting password di Droid VNC Server nya.

 Cara Remote Android dengan Komputer atau Laptop

Tampilan konfigurasi Droid VNC Server di Android
VNC Viewer Setting
Tampilan desktop Android di komputer pada VNC Viewer
Remote Android dari PC

Dengan langkah-langkah tersebut seharusnya anda sudah bisa me-remote perangkat android dengan komputer. Dengan kasus tertentu mungkin anda bisa memanfaatkan remote android ini, semoga dengan artikel cara remote android dengan komputer atau laptop ini bisa membantu anda yang membutuhkannya. Terimakasih.

Update: Aplikasi Droid VNC Server masih ada bug, setelah saya coba di beberapa perangkat android berbeda ada sebagian yang bermasalah di dial call, setelah uninstall aplikasi ini dial call normal kembali. Beberapa aplikasi sejenisnya pun masih mempunyai permasalahan yang sama.
Comments
0 Comments